Double Lift Tutorial and Trick - sulap kartu

Komentar Wiku Pulangasih the Online Magician : Sebenarnya yang membuat artikel ini masuk ke First Division bukan teknik double lift-nya. Kekuatan artikel ini terletak pada kata-kata dan cerita yang digunakan dalam mempresentasikan sebuah trik. Lisa Santika berhasil menunjukkan sebuah teknik scripting (penulisan skenario) yang sangat bagus dalam sebuah trik magic yang simpel. Perlu diingat, presentasi adalah faktor paling penting yang menentukan berhasil atau tidaknya trik anda di mata spectators.



Double Lift

Double lift adalah dasar dari bermacam macam trik kartu. Dengan menguasai keterampilan ini sudah bisa mencoba beragam card magic dari tingkat pemula hingga menengah.



Pada dasarnya, double lift berarti mengambil dua kartu, tetapi berpura pura hanya mengambil satu. Walaupun dalam gambar diberi renggang untuk mempermudah pemahaman, dalam double lift sebenarnya kedua kartu harus rapat. Untuk melakukannya, agak sulit dijelaskan dengan kata kata,tetapi harus dengan mempraktekkannya langsung. Seorang magician harus melakukan latihan terus menerus sampai tangannya menghafal secara otomatis cara menggenggam dua kartu seperti satu kartu. Untuk mengambil dua kartu sekaligus dari tumpukan kartu, latihan sangat diperlukan untuk mencegah kartu jatuh meluncur. Jika sudah mahir bisa ditingkatkan menjadi triple lift (bahkan quadruple dengan jenis kartu tertentu) sesuai kebutuhan anda. Di bawah ini adalah trik sederhana menggunakan double lift. Trik ini adalah trik original saya,menggabungkan magic dan kemampuan bercerita.

Sacrifice of The King
Lisa Santika Onggrid


Effect: King yang berada di ‘penjara’ dapat menggantikan tempat King yang dibakar di ‘Kota’

Tricks: Pertama tama, siapkan dua King(sesuai selera anda). Disini saya memakai King Diamond dan King Spade. Masing masing akan memiliki status diantara ‘kakak’ dan ‘adik’. Dalam contoh ini saya memakai K.Diamond sebagai ‘kakak’ dan K. Spade sebagai ‘adik’.

1. Perlihatkanlah King Diamond dan King Spade dengan tangan kanan anda, sambil menceritakan kisah berikut, tetapi, di saat yang sama, anda harus melakukan palming dengan tangan kiri anda(kartu yang di palming terserah, asal bukan merupakan King juga, jika kesulitan bisa bergaya memasukkan tangan ke saku celana)

“ Di suatu kerajaan, terdapat dua orang King bersaudara. King Diamond, sang kakak, dan King Spade, sang adik. Mereka berdua cukup rukun, walau sebenarnya sang adik lebih ambisius dan iri terhadap kakaknya. Hanya saja, tak berapa lama setelah orangtua mereka mangkat,..”

2. Pada tahap ini gabungkan kartu yang anda palming di belakang kedua bersaudara,hati hati jangan ketahuan. Pisahkan ketiga kartu ini dari tumpukan dengan gambar menghadap bawah. (perhatikan urutan: Paling atas adalah Kakak, kemudian adik, dengan demikian kartu paling bawah adalah kartu palming(selanjutnya disebut dummy).

“…Sang adik mengambil alih tahta kerajaan. Kakaknya mengalah demi keutuhan kerajaan. Tetapi…”

2. Pisahkan tumpukan kartu menjadi dua, kiri dan kanan.(ingat,gambar menghadap bawah)



“Sang adik menikmati kekuasaannya di kota(tunjuk tumpukan sebelah kiri)”

4. Lakukan Double Lift pada tumpukan tempat King berada, tunjukkan pada audiens bahwa yang anda pegang adalah King Spade(adik) padahal sebenarnya anda memegang kedua King. Letakkan ke tumpukan sebelah kiri(kota)

“Karena masih takut akan kakaknya, ia membuat tuduhan palsu dan fitnahan, berujung pada keputusan kakaknya dijebloskan ke penjara(tunjuk tumpukan kanan)”
Ambil kartu dummy yang tersisa, berhati hatilah agar audiens tidak mengetahui bahwa kartu itu sebenarnya sama sekali bukan King(bisa juga melakukan ini sambil bercerita agar audiens tidak memperhatikan), dan letakkan di tumpukan sebelah kanan(penjara).

“Sang kakak sama sekali tidak dendam pada adiknya. Ia menghabiskan waktu di penjara dengan tenang, sambil mendoakan adiknya.”

“Semakin lama penduduk semakin tidak menyukai raja baru. Apalagi setelah menemukan bahwa sang Raja mencurangi mereka dengan menyimpan sendiri seluruh hasil pajak bumi. Mereka memberontak, dan pada akhirnya Sang Adik diturunkan dari tahta. Ia akan dihukum bakar oleh para penduduk.”

“Sang kakak terkejut mendengar berita itu, dan mulai memikirkan cara menyelamatkan adiknya.”

“Pada hari yang ditentukan, sang adik dipakaikan penutup wajah, danbersiap dieksekusi.”

5. Lakukan double lift lagi, ingat, gambar harus menghadap anda. Berpura puralah mengambil korek api atau pemantik sambil menyelipkan King Spade(adik) ke tangan kiri(langsung dipalming) sehingga yang tertinggal di tangan adalah King Diamond(kakak) yang dikira sang adik oleh audiens.

Nyalakan api, dan bakarlah King itu. Tidak terbakar habis juga tidak masalah. Itu justru mempermudah babak akhirnya. Letakkan sisa-sisanya secara terbalik(gambar menghadap meja).

6. King yang anda palming bisa anda masukkan ke saku celana(sambil bercerita) atau anda selipkan ke gulungan lengan, terserah anda. Anda bisa memakai berbagai cara untuk membuatnya terlihat hilang. Selanjutnya, kembalilah pada cerita anda, katakan dengan meyakinkan:

“Penduduk kerajaan itu sangat senang. Mereka pergi ke penjara untuk melepaskan sang kakak dan diangkat menjadi raja beru mereka(berikan tumpukan ‘penjara’ pada penonton, biarkan mereka memeriksanya, kemudian lanjutkan ketika mereka tidak menemukan King Diamond(kakak) di dalamnya)

“Mereka tidak menemukan sang kakak! Tiba tiba beberapa orang dari kota datang membawa jenazah dari lapangan eksekusi.(perlihatkan sisa bakaran pada audiens) Yang mereka bakar bukanlah sang adik, tetapi sang kakak yang menyamar! Dia telah menggantikan tempat adiknya.”

7. Jika audiens merasa terkejut, berarti anda cukup berhasil. Lanjutkan dengan bagian akhir:

“Karena merasa penasaran,(ambil tumpukan ‘kota’) mereka memeriksa setiap sudut kota(berikan tumpukan itu pada para audiens untuk diperiksa)setelah mereka memeriksa tumpukan itu, katakan:

Sang Adik tidak ada dimanapun! Para penduduk merasa menyesal atas tindakan mereka, tapi juga terharu oleh pengorbanan sang Kakak agar adiknya bisa kabur.

Makna:
Anda bisa berkreasi sendiri mengenai makna permainan ini, sesuai audiens anda. Tetapi anda bisa mencoba contoh ini:

Sang kakak adalah figur sahabat sejati. Dia tidak mendendam walaupun dikhianati, selalu mendoakannya, dan masih siap berkorban demi sahabatnya.
Biodata Singkat:

Lisa Santika Onggrid
Age:15
Pekanbaru, Riau

Saya sendiri hanya seorang pemerhati ketimbang magician, walaupun saya senang mengamati cara saudara dan teman teman saya bermain. Punya mata yang lumayan karena sering melihat saudara saya berlatih. Saya mengunjungi beberapa blog magic dan membaca E-Book sulap, dan cukup tertarik. Tetapi saya belum mencoba memainkan sendiri trik trik yang saya baca karena beberapa alasan tertentu.

Sumber : Link